Senin, 15 Oktober 2012

E-business dan jenisnya

Bisnis e-commerce mulai tumbuh dengan cepat sejak tahun 1998. Pada awal pertumbuhannya tipe bisnis ini hanya melingkupi bidang business-to-consumer (B2C) e-commerce. Namun pada pertumbuhannya perkembangan bisnis ini mulai melingkupi bidang business-to-business (B2B), business to customer (B2C), customer to customer (C2C), Customer to business (C2B) dan business to goverment ( B2G). berikut definisi-nya :


B2B ( Bussines to Bussines )

B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
  • Disebut juga transaksi antar perusahaan
  • Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
  • Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
keterangan :

EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.

Business-to-Customer (B2C) 

Menggambarkan kegiatan bisnis antara perusahaan/produsen/penjual dengan customer/pelanggan yang mana customer membeli barang kepada penjual untuk dipakai sendiri bukan untuk dijual lagi.
Contohnya seperti sebagian dari Kita ini dimana Kita yang tdk memiliki keahlian berbisnis maka senantiasa hanya tahu membeli dan menggunakan produk tersebut.

C2C ( Consumer to Consumer )

C2C adalah model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini atau C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot).

Customer-to-Business (C2B)

Model e-commerce dimana konsumen (individu) menawarkan produk dan layanan untuk perusahaan dan perusahaan membayar mereka.
Contoh ini di blog atau forum internet di mana penulis menawarkan link kembali ke bisnis online memfasilitasi pembelian beberapa produk (seperti buku pada Amazon.com), dan penulis mungkin menerima pendapatan afiliasi dari penjualan yang sukses.

Business-to-Goverment (B2G)  

Merupakan turunan dari pemasaran B2B dan sering disebut sebagai definisi pasar "pemasaran sektor publik" yang meliputi pemasaran produk dan jasa untuk berbagai tingkat pemerintahan - termasuk federal, negara bagian dan lokal - melalui komunikasi pemasaran terpadu teknik seperti public relations strategis, branding, MarCom, periklanan, dan komunikasi berbasis web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar